Selasa, 16 Februari 2010

Ikhlas :)

Assalamualaikum wr wb
hhoo . agak berbobot sepertinya post ku yang satu ini . abis pengen mencoba something new yang emang agak gak nyambung ama aku . hha . tapi gapapa lah . dicoba aja . *komennya dong :)

Ikhlas ?? yup ! post kali ini ak kasi judul Ikhlas . kenapa ? karena emang ak mau bahas tentang ikhlas :P *jayus
menurut loe loe semua, ikhlas apaan sih ?? memberikan sesuatu dengan hati tulus ? tidak dipuji ? tidak mengharapkan imbalan ? beribadah hanya untuk Allah ? bukan sematamata ingin dilihat atau dipuji ??
arrrrgh~ bingung . banyak banget makna ikhlas . ak kadang bingung sendiri , apa yang ak lakukan itu atas dasar ikhlas apa bukan ? heem~ moga aja iya, bukan sematamata demi yang lain. amiiin (terus berilah aku petunjukmu Ya Allah )

makna ikhlas :
Secara bahasa, ikhlas bermakna bersih dari kotoran dan menjadikan sesuatu bersih tidak kotor. Maka orang yang ikhlas adalah orang yang menjadikan agamanya murni hanya untuk Allah saja dengan menyembah-Nya dan tidak menyekutukan dengan yang lain dan tidak riya dalam beramal.

Sedangkan secara istilah, ikhlas berarti niat mengharap ridha Allah saja dalam beramal tanpa menyekutukan-Nya dengan yang lain. Memurnikan niatnya dari kotoran yang merusak.

Karena itu, bagi seorang dai makna ikhlas adalah ketika ia mengarahkan seluruh perkataan, perbuatan, dan jihadnya hanya untuk Allah, mengharap ridha-Nya, dan kebaikan pahala-Nya tanpa melihat pada kekayaan dunia, tampilan, kedudukan, sebutan, kemajuan atau kemunduran.

 dan orang-orang yang ikhlas memiliki ciri yang bisa dilihat, diantaranya:
1. Senantiasa beramal dan bersungguh-sungguh dalam beramal, baik dalam keadaan sendiri atau bersama orang banyak, baik ada pujian ataupun celaan. 
2. Terjaga dari segala yang diharamkan Allah, baik dalam keadaan bersama manusia atau jauh dari mereka. Tujuan yang hendak dicapai orang yang ikhlas adalah ridha Allah, bukan ridha manusia. Sehingga, mereka senantiasa memperbaiki diri dan terus beramal, baik dalam kondisi sendiri atau ramai, dilihat orang atau tidak, mendapat pujian atau celaan. Karena mereka yakin Allah Maha melihat setiap amal baik dan buruk sekecil apapun.
3. Dalam dakwah, akan terlihat bahwa seorang dai yang ikhlas akan merasa senang jika kebaikan terealisasi di tangan saudaranya sesama dai, sebagaimana dia juga merasa senang jika terlaksana oleh tangannya.
Para dai yang ikhlas akan menyadari kelemahan dan kekurangannya. Oleh karena itu mereka senantiasa membangun amal jama’i dalam dakwahnya. Senantiasa menghidupkan syuro dan mengokohkan perangkat dan sistem dakwah. Berdakwah untuk kemuliaan Islam dan umat Islam, bukan untuk meraih popularitas dan membesarkan diri atau lembaganya semata.

terus gimana cara kita supaya bisa ikhlas ??
Setan akan senantiasa menggoda dan merusak amal-amal kebaikan yang dilakukan oleh seorang hamba. Seorang hamba akan terus berusaha untuk melawan iblis dan bala tentaranya hingga ia bertemu dengan Tuhannya kelak dalam keadaan iman dan mengikhlaskan seluruh amal perbuatannya. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk mengetahui hal-hal apa sajakah yang dapat membantu kita agar dapat mengikhlaskan seluruh amal perbuatan kita kepada Allah semata, dan di antara hal-hal tersebut adalah :
a. banyak berdoa
b. menyembunyikan amal ibadah
c. memandang rendah amal kebaikan
d. takut akan tidak diterima amalnya (jadi mungkin biar gk sombong gitu kali ya :P . kan semuanya bakal kembali ke Allah X) )
e.tidak terpengaruh pada perkataan manusia (just be your self aj bro )
f. menyadari manusia bukanlah pemilik surga atau neraka
g. dsb :)

huuf . dibaca doang , dilihat doang emang keliatannya banyak banget cara buat ikhlas. hha. tapi dicoba dong. diamalin . ak mo coba juga jalanin . hhe . bermanfaat kan ?
oiya, infoinfo ini ak dapetin di webweb berikut :
http://www.dakwatuna.com/2008/tiga-ciri-orang-ikhlas/  , sama di http://muslim.or.id/akhlaq-dan-nasehat/inginkah-anda-menjadi-orang-yang-ikhlas.html

ahaha, kenapa? ak ngopy ? emang :P . abis kalo ngasal kan malah nyesatin hahah . ak orang awam gituh. masi muda (wkwkwkw) masi perlu belajar. blom tahu banyak . jd gpp kan ??
enjoy reading :) Wassalamualaikm wr wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar